Waspada pada obat-obatan kedaluwarsa

Waspada pada obat-obatan kedaluwarsa


Waspada pada obat kedaluwarsa - Setiap orang pasti pernah mengonsumsi sebuah obat, ada obat yang berbentuk tablet, kapsul, puyer, sirup hingga menggunakan suntikan. Pernahkah kamu memikirkan bahwa sebuah obat memiliki batas kedaluarsa seperti layaknya sebuah makanan.

Lantas bagaimanakah ciri-ciri obat kedaluwarsa tersebut ? apa masih bisa dan aman untuk dikonsumsi ? mari kita simak penjelasannya yang di rangkum pada artikel ini.

Bagaimana ciri-ciri obat yang sudah kedaluwarsa

Pada umumnya pada tanggal kedaluwarsa pada sebuah obat adalah hari terakhir yang dijamin oleh suatu pabrik bahwa obat tersebut masih efektif dan aman untuk digunakan. Lalu, biasanya tanggal ini sudah tercetak pada seluruh lebel atau kemasan obat, termasuk juga obat yang menggunakn resep dari dokter, obat bebas, dan suplemen.

Untuk penempatan tanggal kedaluwarsa sudah menjadi suatu peraturan yang diterbitkan oleh (BPOM) atau kepanjangannya Badan Pengawas Obat dan Makanan, tujuannya untuk melindungi konsumen yang menggunakannya.

Ciri-ciri obat kedaluarsa sangar beragam contohnya :

1. Berubahnya bentuk, warna atau ukuran pada kemasan obat karena usia dari penyimpanan dengan jangka waktu yang sangat lama.

2. Berubahnya suatu bau dan warna pada obat tersebut 

3. Berubahnya konsistensi pada suatu obat, contohnya dari cair menjadi padat ataupun sebaliknya ada yang dari pada menjadi cair.

4. Munculnya endapan atau warna lain untuk jenis obat cair, munculnya sebuah bintik-bintik pada tablet, atau adanya gumpalan pada obat bubuk.

Berbeda dengan obat bentuk tablet, obat dengan wujud sirup lebih gampang buat dikenali bila telah melewati tanggal akan masa kedaluwarsa. Cirinya yang sangat gampang dikenali merupakan aroma yang telah berganti dari awal Kamu membeli obat tersebut.

Bila obat sirup yang umumnya mempunyai aroma manis, tetapi setelah itu aromanya berganti jadi asam  ataupun tidak mempunyai aroma sama sekali dapat jadi obat yang kamu miliki sudah rusak sebab kedaluwarsa.

Kemudian, apa yang bisa terjalin apabila obat senantiasa digunakan sehabis melewati tanggal pada masa kedaluwarsa tersebut? Daya guna obat yang kedaluwarsa hendak menyusut serta bisa berpotensi membahayakan orang yang memakainya.

Obat kedaluwarsa ini berpotensi membahayakan badan, spesialnya buat organ- organ badan yang memproses obat buat dikeluarkan dari badan semacam hati serta ginjal. Sehingga, jadi apabila obat telah kedaluwarsa, janganlah digunakan.

Apa saja yang dapat kita lakukan untuk menghindari obat yang sudah kedaluwarsa ?

1. Kamu harus selalu periksa tanggal masa kedaluwarsanya pada obat sebelum kamu membelinya. Cek pada tanggal kedaluwarsa yang sudah tercantum pada kemasan dan juga lebel pada obat. Untuk obat jenis kemasan strip biasanya untuk menemukan tanggal yang timbul pada kemasan.

2. Jauhi obat yang tangggal pada masa kedaluwarsanya tercetak cuma memakai tinta pada kemasan strip, sebab gampang dihapus serta terbuat bertepatan pada kedaluwarsa yang baru.

3. Senantiasa membeli obat di apotek- apotek yang terdaftar serta mempunyai izin.

4. Jauhi pula pembelian obat yang mempunyai harga yang jauh lebih murah dibanding harga rata- rata di pasaran. Harga yang lebih murah bisa menunjukkan kalau obat tersebut kedaluwarsa ataupun apalagi palsu.

5. Bila Kamu mempunyai obat yang kedaluwarsa di rumah, buanglah obat tersebut dengan metode membuka seluruh obat dari kemasannya serta hancurkan saat sebelum dibuang. Ini berarti supaya obat ataupun kemasannya tidak disalahgunakan oleh oknum yang mengumpulkan ataupun menjual kembali obat yang kedaluwarsa.

Makanya selalu membeli di tempat yang terpercaya dan musnahkan obat yang sudah kedaluwarsa yang kamu miliki tujuannya tidak untuk disalahgunakan oleh orang lain. Jadi kamu harus hindari obat kedaluwarsa yang sering beredar dipasaran. Kenali ciri-ciri dan jangan mudah tergoda dengan harga yang lebih murah yang ditawarkan atau distributor obat murah.

Jika kamu bingung untuk membeli obat yang baik dan juga berkualitas kami merekomendasikan membeli obat di Plaza medis. Plaza medis selaku distributor obat farmasi yang siap melayani kebutuhan produk-produk medis dan juga alat kesehatan. Jangan ragu membeli obat-obatan diplaza medis karena obat disini sudah terjamin baik dan berkualitas.

Mungkin hanya sedikit infromasi yang dapat kami berikan semoga informasi diatas bisa membuat kamu lebih baik dalam memilih obat untuk kebutuhan kamu. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips membeli obat secara online

Manfaat obat generik yang harus diketahui