Manfaat obat generik yang harus diketahui

Manfaat obat generik yang harus diketahui


Manfaat obat generik yang harus diketahui - Salah satu golongan obat yang sangat dikenal oleh masyarakat yaitu obat generik. Obat generik adalah obat-obatan yang bisa dibilang sudah habis masa patennya, sehingga dapat diproduksi oleh semua perusahaan farmasi tanpa harus membayar royality. Kamu pasti tahu bahwa obat generik sering dipandang sebelah mata bagi sebagian orang, padahal obat generik sebenarnya memiliki banyak kelebihannya dibandingan dengan obat paten.

Jika kamu masih saja beranggapan kelebihan dari obat generik dibandingkan dengan obat paten atau obat-obat lainnya hanyalah sebatas ekonomis dan juga murah, mungkin kamu harus mengetahui  beberapa fakta kelebihan seputar obat generik yang bisa dibilang selama ini orang belum banyak mengetahuinya.

Manfaat obat generik yang harus diketahui

Tapi ada banyak hal yang harus kalian ketahui, meski dipandang sebelah mata, obat generik sebenarnya memiliki banyak manfaat dibanding obat paten. Berikut ini lah manfaat obat generik yang harus diketahui oleh kamu.

1. Harga Obat Generik

Dari masalah Harga obat generik unggul berkali-kali lipat lebih rendah dibandingkan obat paten. Maka dari itu rendahnya harga obat-obatan generik bukan karena disebabkan oleh rendahnya kualitas obat tetapi karena tidak adanya biaya tambahan yang harus kamu keluarkan untuk biaya penemuan dan pematenan dari obat tersebut.

Melihat akan hal itu obat paten, harganya yang sangat tinggi diakibatkan oleh beratnya biaya produsen farmasi untuk menutupi anggaran-anggaran berikut ini:

1. biaya yang berkaitan dengan penemuan khasiat obat

2. adanya keperluan produksi massal

3. dan yang terakhir keperluan dalam pematenan

Kamu harus mengetahui, dari biaya pematenan suatu obat merupakan komponen biaya paling besar dari pos produksi lainnya. Jangan heran jika sekaligus menyebabkan harga obat tersebut melonjak naik.

2. Efek samping pada obatnya

Pada dasarnya obat paten adalah obat yang baru ditemukan dan langsung dipasarkan. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan masih terdapat efek negatif atau efek sampingnya yang belum kalian ketahui berkaitan dengan obat tersebut. Dalam sejarah ke farmasian banyaknya kisah tentang obat paten yang ditarik secara tiba-tiba dengan peredarannya dari masyarakat karena ternyata memiliki efek samping yang berdampak sangat berbahaya.

Banyak nya Distributor obat murah yang lebih memilih obat generik dikarenakan pada obat generik, potensi efek negatifnya relatif lebih sedikit atau rendah dibandingkan obat paten. Dalam hal ini terjadi karena obat generik pada hakikatnya merupakan lanjutan obat paten, oleh karena itu masa pengamatan obat itu lebih lama ketimbang obat paten sendiri. Semisalnya ada efek negatif yang berkaitan dengan obat, efeknya tersebut telah dideteksi atau diketahui lebih awal yaitu saat obat generik ini masih ada masa patennya. Jadi kesimpulannya obat generik bisa dibilang lebih aman dibanding obat paten dan dapat di antisipasi.

3. Kualitas obat generik

Kita pasti mengetahui kalau Obat generik mengandung unsur dan juga komponen yang sama dengan obat paten. Karena sistem produksinya pun diatur dengan sedemikian rupa dan untuk kegunaannya memenuhi standar produksi obat yang bermutu. Sejarahnya Sejak Bulan Agustus 2007 lalu. Semua obat generik di indoneisa harus menjalani tahap uji mutu dan termasuk memenuhi metode CPOB atau bisa dibilang dengan Cara Pembuatan Obat yang Baik. Lalu di uji Bioavailabilitas dan Bioekivalensi. Dengan memenuhi jenis dan metode tersebut, setiap obat generik yang dipasarkan pastinya memenuhi standar jaminan mutu.

Jika kamu mencari obat-obatan yang murah dan berkualitas kamu bisa melihat ke situs web Plaza Medis. Merupakan salah satu Distributor obat murah dan juga berkualitas untuk kelengkapan banyak macam-macam dan jenis-jenis obat dari obat bebas, obat bebas terbatas, obat keras dan masih banyak yang lainnya.

Dijaman pandemi covid 19 ini kita tidak bisa sembarangan keluar rumah, Saat kita tidak sehat atau sakit pastinya kita memerlukan obat. Dengan ada nya Plaza Medis salah satu Distributor obat murah kamu bisa memesan obat secara online dan tidak perlu keluar rumah. Mungkin hanya ini informasi yang bisa kami berikan semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua, jika ada yang kamu ingin tannya kan silakan berkomentar di kolom komentar dibawah ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waspada pada obat-obatan kedaluwarsa

Tips membeli obat secara online