Jenis golongan Obat di Indonesia

Jenis golongan Obat di Indonesia

Jenis golongan Obat di Indonesia - Ketika seseorang sedang sakit. Dokter akan memeriksa untuk mendapatkan diagnosis. Hanya disitulah obat apa yang bisa mengatasi penyakit yang diderita tersebut. Di indonesia sendiri, klarifikasi obat telah ditentukan dan tidak boleh dikonsumsi tanpa rekomendasi oleh dokter.

Baik dokter dan penyedia layanan harus tahu secara rinci saat penggolongan obat sesuai dengan jenisnya. Tujuannya adalah bahwa pemberian obat dapat sesuai target dan tidak menyebabkan efek samping yang parah.

Jenis golongan Obat di Indonesia

Ada berbagai macam penggolongan obat bedasarkan aturan konsumsinya. Penggolongan obat tersebut adalah

1. Obat bebas

Obat bebas sendiri bisa terlihat dengan logo lingkaran berwarna hijau dengan garis pinggir hitam, Obat bebas sangat mudah ditemukan di parasan atau apotek terdekat. Bahkan obat ini bisa dibeli dan digunakan tanpa menggunakan resep dari dokter.

2. Obat bebas terbatas

Penggolongan obat kali ini adalah obat bebas terbatas dengan logo lingkaran warna biru dengan garis tepi warna hitam. Obat bebas terbatas ini berbeda dengan obat bebas, untuk penggolongan obat ini memang bisa dibeli tanpa menggunkan resep dokter. Akan tetapi ada tanda peringatan yang disertakan.

Yang artinya, sebelum kamu mengonsumsi obat bebas terbatas tersebut, kamu harus memperhatikan tingkat dosis dan efek sampingnya. Jika semisalnya kamu masih ragu menggunkan obat tersebut kamu bisa di konsultasikan kepada dokter.

3. Obat keras

Jika kamu melihat obat dengan logo lingkaran merah dengan garis pinggiran bewarna hitam dan juga disertai huruf K didalam logo tersebut. Maka itu adalah penggolongan obat keras dan psikotropika. Dalam arti, Obat obatan ini hanya bisa dibeli jika kamu mempunyai resep dari dokter dan tidak bisa dibeli sembarangan.

Pada umumnya, obat-obatan keras hanya dijual di apotek berupa obat generik dan dari Apotek. Sementara itu obat psikotropika bisa memiliki kemungkinan mempengaruhi struktur pusat saraf manusia.

Perlu kita perhatikan kembali bahwa dibandingkan dengan golongan obat bebas dan obat bebas terbatas. obat keras dan psikotropika sangat berpengaruh terhadap kondisi seseorang. Yang perlu kamu ketahui lagi  bahwa psikotropika bukan merupakan obat narkotika.

Jenis Penggolongan Obat-obatan lainnya

Banyaknya jenis obat membuat Distributor obat murah sangat berpengaruh bagi masyarakat. Selain jenis penggolongan obat diatas masih ada beberapa istilah tentang obat lain yang harus kamu ketahui

1. Obat narkotika

Yang pasti kalian sudah tahu Obat narkotika adalah obat dari berbahan kimia dan juga tanaman yang bisa membuat kesadaran kamu menurun. Obat- obatan jenis ini hanya bisa dikonsumsi jika ada resep dokter. Dan tentunya, untuk penggunaannya pun harus dipantau oleh dokter tersebut agar tidak ada kata penyalahgunaan. Untuk logonnya sendiri bewarna merah dan didalamnya ada tanda plus bewarna merah juga.

2. Obat tradisional

Di Indonesia, jenis obat tradisional adalah obat herbal atau bisa diisebut dengan kata jamu. Tetapi bersama dengan perkembangan teknologi, sekarang obat tradisional telah diproses dalam bentuk ekstrak herbal atau jamu praktis yang dikonsumsi. Ditandai dengan simbol lingkaran hijau dengan gambar pohon di dalamnya.

3. Obat herbal terstandar

Berbeda dengan obat jamu , obat herbal standar (OHT) ditandai dengan simbol lingkaran kuning yang dikelilingi oleh garis hijau. Didalam logo ada tiga bintang hijau. Meskipun sama-sama alami terbuat dari alam, tetapi OHT memiliki proses pemrosesan dan standar kebersihan yang berbeda dari obat tradisional. OHT juga telah melalui penelitian pra-klinis untuk mengetahui manfaat kesehatan.

4. Fitofarmaka

Fitofarmaka juga berasal dari bahan-bahan alami tetapi dapat disamakan dengan obat-obatan modern karena proses pemrosesan lebih rumit. Meskipun dari bahan-bahan alami, Fitofarmaka telah melalui uji klinis dan memenuhi syarat. Fitfarmaka memiliki simbol yang mirip dengan OHT. Perbedaannya ada pada gambar dalam lingkaran dalam bentuk bunga salju hijau.

Kamu bisa mendapatkan berbagai jenis obat-obatan di Distributor obat murah yaitu Plaza Madis. Kamu bisa memesan obatnya secara online dan tanpa ribet harus keluar rumah. Plaza medis menjual produk dengan kualitas terbaik, dengan pengiriman keseluruh indonesia, lalu proses pembayaran yang aman dan terpercaya, dan siap melayani kamu selama 24 jam. Jika kamu tertarik kamu bisa berkomentar di bawah.

Sumber : Distributor obat murah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waspada pada obat-obatan kedaluwarsa

Tips membeli obat secara online

Manfaat obat generik yang harus diketahui